Duta Layanan Baladewa Bapas NK Berikan Layanan Kepada Klien yang Menjalankan Kewajiban Utama Klien

    Duta Layanan Baladewa Bapas NK Berikan Layanan Kepada Klien yang Menjalankan Kewajiban Utama Klien
    Duta Layanan Baladewa Bapas NK Berikan Layanan Kepada Klien yang Menjalankan Kewajiban Utama Klien

    Cilacap - Wajib lapor klien pemasyarakatan atau yang biasa disebut dengan apel merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh seluruh warga binaan yang telah mendapatkan haknya untuk pemberian program integrasi. Program integrasi yang diterima oleh warga binaan yang telah menjadi klien seperti program Pembebasan Bersyarat (PB), Cuti Bersyarat (CB), dan Cuti Menuju Bebas (CMB), Selasa (12/09/2023).

    Klien pemasyarakatan yang berada di wilayah kota dan kabupaten Cilacap serta sekitarnya merupakan klien yang berada di bawah bimbingan Balai Pemasyarakatan Kelas II Nusakambangan. Oleh karena itu, klien memiliki salah satu kegiatan yang harus dilakukan yaitu wajib lapor setiap bulannya kepada Balai Pemasyarakatan Kelas II Nusakambangan. Namun karena Bapas Nusakambangan terletak di pulau Nusakambangan, klien membutuhkan waktu dan biaya  yang untuk sampai ke kantor balai pemasyarakatan. Dikarenakan alasan tersebut, Bapas Nusakambangan memiliki terobosan untuk membentuk ruangan di dermaga Wijayapura yang dinamakan BALADEWA yang berarti "Bapas Nusakambangan Melayani di Dermaga Wijayapura". Ruangan ini ditujukan untuk para pengguna layanan (klien Pemasyarakatan) yang akan melakukan wajib lapor setiap bulannya. Tidak hanya itu, ruangan BALADEWA juga digunakan untuk para warga binaan yang berasal dari Lapas Kelas IIB Cilacap yang memiliki hak untuk mendapatkan program integtrasi.

    Selasa (12/09/23) Pembimbing Kemasyarakatan Balai Pemasyarakatan Kelas II Nusakambangan melaksanakan piket di ruangan Baladewa guna menyambut klien yang akan melakukan apel yang merupakan kewajiban dari klien pemasyarakatan. Klien yang berkunjung berasal dari seluruh wilayah di kabupaten Cilacap mulai dari kota Cilacap  hingga daerah yang jauh dari pusat kota. Namun jarak tidak menjadi masalah, dimana klien tetap bersemangat untuk melakukan apel di ruangan Baladewa dan bertemu dengan Pembimbing Kemasyarakatan untuk mengobrol. Tidak hanya itu, Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Nusakambangan juga berbincang-bincang kepada klien mengenai kegiatan sebulan sebelumnya apakah adanya kegiatan yang bermanfaat dan peningkatan dari kegiatan yang dilakukan oleh klien. Klien yang datang untuk melakukan kegiatan wajib lapor langsung dilayani oleh duta layanan yang siap siaga mendampingi klien mulai dari dermaga Wijayapura hingga di dalam ruangan Baladewa. setelah itu, para klien mengisi survey kepuasan yang bertemakan mengenai pelayanan yang diberikan oleh Bapas Nusakambangan kepada klien yang telah hadir. Para klien mengaku bahwa mereka puas dengan layanan yang ada di dalam ruangan Baladewa Bapas Nusakambangan karena memudahkan klien dalam melaksanakan kewajibannya. Duta layanan juga membantu klien yang kurang mengerti cara untuk mengisi survey Kepuasan Masyarakat sehingga dapat memasukkan nilai sesuai yang diharapkan klien mengenai layanan yang mereka rasakan selama ini.

    Rifki Maulana

    Rifki Maulana

    Artikel Sebelumnya

    Lewat Litmas PB, Pembimbing Kemasyarakatan...

    Artikel Berikutnya

    Inspektorat Wilayah IV Lakukan Evaluasi...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Mengenal Lebih Dekat Koperasi
    Finalisasi Modul Konseling Narapidana Terorisme Rentan Terwujud dalam Lokakarya Sinergi Dirjenpas dan Yayasan Penerimaan Internasional Indonesia
    Pergerakan Masyarakat saat Libur Nataru Diprediksi Capai 110 Juta Orang, Polri Siapkan Strategi Lalu Lintas
    HUT Korpri ke-53, Kapolda Jateng Tegaskan ASN Bagian Tak Terpisahkan dari Polri 
    Satgas Yonzipur 8/SMG Berhasil Amankan Ratusan Botol Miras Ilegal di Perbatasan RI-Malaysia
    Langkah Besar Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan Bapas Nusakambangan dalam Mewujudkan Percepatan Litmas di Lapas Karanganyar
    Lapas Kelas IIA Besi laksanakan Upacara Kenaikan Pangkat ASN
    Menjawab Tantangan Percepatan Litmas Bersama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan Bapas Nusakambangan di Lapas Karanganyar
    Peningkatan Keterampilan Komunikasi ASN Sebagai Langkah Penting dalam Mewujudkan Kinerja yang Berkualitas dan Profesional
    Kepala Divisi Pemasyarakatan Jawa Tengah Arahkan Ketahanan Pangan di Lapas dan Rutan
    Langkah Besar Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan Bapas Nusakambangan dalam Mewujudkan Percepatan Litmas di Lapas Karanganyar
    Menggagas Masa Depan yang Lebih Baik Lapas Karanganyar Ambil Bagian dalam Analisis Kebutuhan Anggaran TA 2026
    Lapas Kelas IIA Besi laksanakan Upacara Kenaikan Pangkat ASN
    Menjawab Tantangan Percepatan Litmas Bersama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan Bapas Nusakambangan di Lapas Karanganyar
    Aksi Kepedulian Sosial, Lapas Besi beri Bantuan bagi Keluarga Warga Binaan
    Upaya Pengecekan Rutin Senjata dan Peluru: Meningkatkan Kewaspadaan dan Pengamanan di Lapas Khusus Kelas II A Karanganyar
    Petugas Lapas Pasir Putih Laksanakan Sholat Jumat Berjamaah di Masjid At Taubah Lapas Pasir Putih
    Apresiasi untuk Semangat Tinggi, Penutupan Acara diakhiri melalui Kegiatan Long March Peserta FMD di Pulau Nusakambangan
    Tingkatkan Keamanan, Petugas Laksanakan Kontrol Keamanan
    Lapas Pasir Putih Ikuti Diskusi Bersama Kemenag dan Stake Holder Terkait Pola Pembinaan di Lapas Nusakambangan

    Ikuti Kami