Ikuti Webinar, Bapas Nusakambangan Optimalkan Standar Pelayanan Publik 

    Ikuti Webinar, Bapas Nusakambangan Optimalkan Standar Pelayanan Publik 
    Ikuti Webdinar, Bapas Nusakambangan Optimalkan Standar Pelayanan Publik 

    CILACAP - Mengikuti Webinar Pengaduan Layanan, Bapas Nusakambangan Optimalkan Standar Pelayanan Publik. Segawai Bapas Kelas II Nusakambangan ikut menghadiri dalam kegiatan Webinar Pengelolaan Penanganan Pengaduan pada Layanan Publik Jajaran Kemenkumham yang diselenggarakan secara daring, Rabu (22/06/2022).

    Kegiatan webinar yang diselenggarakan oleh Badiklat Hukum dan HAM Jawa Tengah ini dibuka langsung oleh Kadivpas Kemenkumham Kanwil Jawa Tengah, Supriyanto. Acara yang mendatangkan narasumber dari Ombudsman ini juga diikuti secara luring (luar jaringan) oleh para peserta yang hadir langsung di kantor Badiklat Jawa Tengah. 

    Siti Farida, selaku narasumber dari Ombudsman Provinsi Jawa Tengah menekankan pada pengoptimalan standar pelayanan publik. Hal pokok yang harus dipenuhi adalah selalu melakukan pengecekan dan evaluasi standar pelayanan publik.

    Setiap Unit Pelaksana Teknis (UPT) harus melaksanakan pengawasan terhadap bentuk pelayanan, baik dari penyelenggara layanan maupun penerima layanan. Pengawasan ini terbagi menjadi dua, yakni internal dan eksternal. Jika pengawasan di sektor internal, yaitu penyelenggara layanan sudah maksimal, maka akan lebih mudah bersinergi dengan pihak eksternal, yakni Ombudsman itu sendiri.

    HUMAS.CO.ID
    market.biz.id HUMAS.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Pelayanan publik yang optimal menjadi dasar  dan tolok ukur keberhasilan kinerja instansi di Kemenkumham dan mampu menjadi pemenang di hati masyarakat.

    “Mau tidak mau, suka tidak suka, pemberian pelayanan yang berkualitas itu harus sesuai dengan perspektif dari pengguna layanan. Dilakukan crosscheck dengan cara dipastikan perilaku pelayanan sesuai dengan Undang-Undang Pelayanan Publik”, terang Siti Farida, selaku Kepala Ombudsman Jawa Tengah.

    Neapolitan Pizza
    market.biz.id Neapolitan Pizza
    8% Rp 1.450
    Beli sekarang!

    Lanjutnya, Siti Farida juga menyoroti potensi maladministrasi yang sering terjadi di Kemenkumham dan perlu diperbaiki, antara lain dalam mengurus layanan administrasi, aduan tidak diberikan layanan, dan masih ada diskriminasi dalam pelayanan.

    Kepala Ombudsman Jawa Tengah ini berpesan agar mengoptimalisasi standar pelayanan publik. Potensi maladministrasi dapat ditekan dengan berpatokan pada standar pelayanan publik. Komponen Standar Pelayanan itu antara lain dari Service Delivery maupun Manufacturing.

    XPOS.CO.ID
    market.biz.id XPOS.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Service Delivery merupakan komponen yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan, yang terdiri dari persyaratan, tarif/biaya, produk pelayanan, aduan, jangka waktu pelayanan dan prosedur pelayanan. Selanjutnya, manufacturing merupakan komponen yang terkait dengan pengelolaan pelayanan di internal organisasi. 

    “Jika kedua unsur ini terpenuhi, maka pengaduan yang sifatnya negatif dapat terminimalisasi. Langkah selanjutnya dibikin percepatan peningkatan pelayanan, dari faktor tata kelolanya dan kultur pelayanan, ” jelas Siti Farida.

    ZONE.CO.ID
    market.biz.id ZONE.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Dalam webinar ini juga membahas mengenai pengelolaan pengaduan layanan yang ideal, yakni dengan dilayani, ditanggapi dan diselesaikan secara cepat (kepastian waktu) dan tuntas. Pengelolaan Pengaduan layanan ini menjadi salah satu indikator tanggung jawab penyelenggara pelayanan dalam memberikan pelayanan.

    (N.Son/***)

    Jawa tengah Cilacap
    Narsono Son

    Narsono Son

    Artikel Sebelumnya

    Tingkatkan Integritas Pegawai, Bapas NK...

    Artikel Berikutnya

    Pengurus POP Kanwil Jateng Dikukuhkan, Menkumham...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 459

    Postingan Tahun ini: 1548

    Registered: May 25, 2021

    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi verified

    Postingan Bulan ini: 444

    Postingan Tahun ini: 2033

    Registered: Apr 8, 2021

    Indra Gunawan

    Indra Gunawan verified

    Postingan Bulan ini: 168

    Postingan Tahun ini: 536

    Registered: Nov 15, 2021

    Arif Rido Basuki

    Arif Rido Basuki verified

    Postingan Bulan ini: 142

    Postingan Tahun ini: 416

    Registered: Oct 4, 2021

    Profle

    Narsono Son verified

    Kakanwil Kemenkumham Jateng Minta WNI Baru Untuk Selalu Setia NKRI
    Ombudsman RI Ganjar Kemenkumham Penghargaan Soal Kepatuhan 
    Kasubsie Keamanan Lapsustik Purwokerto Ikuti Bintek Manajemen Mitigasi Bencana di Kanwil Jateng
    Guna Menunjang Tugas Dan Fungsi Pemasyarakatan Lapsustik Purwokerto Lakukan Pembinaan Fisik dan Disiplin

    Rekomendasi

    Begini Cara Babinsa Kelurahan Sumber Dalam Melestarikan Populasi Ikan di Wilayah
    Dukung Percepatan Vaksinasi, Babinsa Koramil 20/Kismantoro Terus Berikan Pendampingan
    Jaga Kebugaran, Personil Kodim 0728/Wonogiri Laksanakan Aerobik
    Pangdam IV/Diponegoro Ikuti Kegiatan Seminar TNI AD ke-VI TA 2022 di Seskoad
    Kasdam IV/Diponegoro Pimpin Acara Taklimat Awal Pengawasan Post Audit Itjenad TA 2022 

    Ikuti Kami